Tentang Ibu dan Stroke

Stroke.

Ibu dulu sama sekali nggak mau didiagnosa stroke, padahal gejalanya mengarah ke arah stroke, saya dengan bodohnya menutup telinga dan mata saya. Menjauhkan kata stroke dari kamus. Ibu takut dengan stroke, penyakit yang menjemput Om, Tante menutup mata.

Tapi kemudian keluhan itu menjadi nyata, waktu itu bilang ke kakak, menyarankan ke rumah sakit tempat dia bekerja, ternyata atrial fibrilasi. Dari dokter jaga dikonsulkan ke dokter jantung. Padahal dalam hati kecil ingin juga dikonsulkan ke syaraf. Akhirnya menyerah, dua kali dirawat semakin lemah akhirnya di CT-Scan kepala, cuma didapatkan brain atrofi.

Tiga tahun berselang, tubuhnya makin kaku, jalan semakin sulit bahkan untuk berbicara kesulitan, ketika dia lupa apa yang ingin dibicarakan dia menjadi emosi. Saya cuma bisa diam.

Salah satu yang menjadi penyesalan panjang, kenapa dulu tidak didiagnosa stroke, kenapa tidak dirawat di Rumah Sakit tempat saya kerja, jadi bisa minta tolong teman mau dikonsulkan ke mana.

Tiap kali ada tetangga yang meninggal atau dia mendengar,

‘Kapan ya giliran Ibu, kok susah banget.’ saya cuma bilang jangan ngomong gitu. Dia nggak mau nyusahin anaknya, tapi anaknya belum siap untuk berpisah dengan Ibu.

Pertengahan tahun ini, jam empat pagi saya ditelpon kakak ipar, kakak pertama jatuh di kamar mandi, stroke. Bahkan setelah di CT-Scan kepala stroke perdarahan, tapi karena tahu dari awal, kualitas hidup kakak baik, sekarang bisa berjalan dengan baik meskipun ingatannya nggak sebaik dulu.

Hari ini ada pasien meninggal karena stroke, anaknya menangis, hati saya terenyuh. Dia merasa kehilangan, dan saya merasa menyesal.

Advertisements

6 thoughts on “Tentang Ibu dan Stroke

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s