Buku : Dong Ayok Ke Lombok!

Dong Ayok Ke Lombok!

Judul Buku : Dong Ayok Ke Lombok!

Penulis : Ari Diatmika, dkk.

Halaman : 180 hlm.

Penerbit : Dimensi Publishing

Harga : 40 ribu.

Dengan slogan ‘Cuma Setengah Jam dari Bali’ buku ini dipublikasikan untuk lebih mengenalkan Lombok, pantai Lombok nggak hanya Pantai Senggigi, tapi ada banyak pantai indah yang tersebar diseluruh Lombok.

Di dalam buku ini ada 31 pantai yang ada di 3 bagian Lombok. Lombok Barat, Tengah, dan Timur.

Bagian pertama tentang Kawasan Mandalika Resort. Mandalika dulu dikenal dengan nama ‘Kuta’ tapi karena ingin lepas dari bayang-bayang Bali, maka dirubahlah menjadi Mandalika–bahkan ada kisah rakyat tentang Putri Mandalika, event ‘Bau Nyale’ menangkap cacing laut yang berwarna-warni kemudian menggunakannya untuk bahan makanan.

Pas saya di Lombok, sebenarnya ada sih, tapi karena harus menginap soalnya kegiatan menangkap Nyale itu dilakuin sebelum subuh, akhirnya malas lah saya. Hahaha…

Ditutup dengan bagian enam mengenai Kawasan Senggigi. Kawasan Senggigi aja punya setidaknya enam pantai yang berbeda. Mulai Senggigi, Kerandang, Setangi, Malimbu, Nipah, Sira.

Buku ini disusun secara alphabetikal, mulai dari Kawasan yang digali, penulisnya, mungkin untuk mempermudah. Tapi saya merasa akan lebih tepat untuk menggabungkannya menjadi tiga bagian besar. Lombok Barat, Tengah, dan Timur.

Pantai Lombok memang identik dengan pasir putih, langit biru, pemandangan yang indah. Tapi lagi-lagi semuanya akan sesuai dengan apa yang kalian bayangkan kalau tepat waktunya.

Karena pantai itu tergantung waktu, kalo datang pas musim hujan, mendung, keindahan sebuah pantai akan tergradasi. Kadang harus berulang kali datang ke tempat yang sama untuk menyadari betapa indahnya sebuah objek wisata.

Untuk informasi yang disampaikan di dalam buku cukup lengkap. Ada rute perjalanan, biaya masuk, dan beberapa mencantumkan sejarah mengenai pantai itu sendiri.

Mungkin yang mengganggu saya adalah masalah kertas buku itu sendiri. Keras, tidak seperti buku perjalanan lainnya. Mungkin karena diterbitkan melalui penerbit indie, dengan harga 40 ribu, bisa dibilang lumayanlah. Kalau mau fotonya nampak lebih bagus, akan memperbaiki kertas yang bisa jadi mengakibatkan naiknya ongkos produksi, dan harga 40 ribu mungkin akan meningkat entah jadi berapa.

DSC_0188

Jadi, Dong Ayok Ke Lombok!

Kalo mau memesan buku ini silakan hubungi @ONOFFLombok 🙂

2 thoughts on “Buku : Dong Ayok Ke Lombok!

Leave a comment